Biography Perjalanan Zlatan Ibrahimovic

Biography Perjalanan Zlatan Ibrahimovic

Biography Perjalanan Zlatan Ibrahimovic


BiographyAth.- Zlatan Ibrahimovic, lahir tanggal 3 Oktober 1981 adalah pesepak bola profesional dari Swedia yang saat ini bermain sebagai striker untuk Manchester United. Dia juga anggota tim nasional Swedia, debut seniornya pada tahun 2001 dan menjabat sebagai kapten dari tahun 2010 sampai ia pensiun dari sepak bola internasional pada tahun 2016 ini.

Ibrahimović mengawali karier sepak dengan klub kota kelahirannya Malmö FF pada akhir 1990-an. Ia kemudian bergabung ke Ajax Amsterdam dan namanya mulai terkenal saat dilatih Ronald Koeman. Ia kemudian bergabung ke Juventus dengan nilai transfer £12 juta pada tahun 2004. Pada tahun 2006, Ibrahimović bergabung ke Internazionale. Tiga tahun kemudian, pada jendela transger musim panas 2009 ia bergabung ke FC Barcelona dengan nilai transfer £56,5 juta, menjadikannya pemain sepak bola termahal kedua sepanjang sejarah. Ia kemudian kembali bermain di Serie A bergabung ke A.C. Milan pada tahun 2010 sebagai pemain pinjaman. Milan kemudian membelinya secara permanen dengan nilai transfer £24 juta pada tahun 2011. Pada bulan Juli 2012, ia bergabung ke Paris Saint-Germain dengan nilai transfer £15,7 juta. Sepanjang karier profesionalnya, keseluruhan nilai transfer Ibrahimović telah mencapai £133,2 juta.


Ibrahimovic memulai karirnya di Malmö FF, sebuah klub di kampung halamannya pada akhir 1990 an sebelum menandatangani kontrak dengan Ajax Amsterdam. Pada tahun 2004, Ia menandatangani untuk Juventus di Serie A untuk menjadi tamdem dengan David Trezeguet. Pada tahun 2006, ia memutuskan pindah klub ke Internazionale ketika Juventus terdegradasi karena skandal Calciopoli. Ibrahimovic di daulat sebagai pencetak gol terbanyak liga di 2008/2009 dan memenangkan tiga titel Scudetto. Pada musim panas tahun 2009, ia pindah ke Barcelona, ​​sebelum pindah kembali ke Serie A sepak bola pada satu musim berikutnya, tetapi kali ini bergabung dengan AC Milan. Transfer kali ini menjadikannya sebagai salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di dunia. Ia memenangkan Scudetto pada musim pertamanya di AC Milan yaitu pada musim 2010/2011. Dia melanjutkan petualangannya dengan bergabung di klub kaya raya Paris Saint-Germain pada bulan Juli 2012. Selama empat musim di PSG, Ibrahimovic memenangkan titel Ligue 1 empat kali berturut-turut, tiga coupe de la Ligue, dua coupe de France dan menjadi pencetak gol terbanyak di Ligue 1 selama tiga musim. Pada bulan Oktober 2015, ia menjadi PSG pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub. Ia mengakhiri kariernya PSG dengan 156 gol dalam 180 pertandingan resmi.

Ibrahimovic adalah salah satu dari sepuluh pemain yang telah mencetak lebih dari 100 kali penampilan bagi tim nasional Swedia. Ibracadabra, begitu biasa dia disapa, adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi timnas Swedia dengan 62 gol. Ia telah berpartisipasi bersama Swedia di Piala Dunia FIFA 2002 dan 2006, serta Piala Eropa dari tahun 2004, 2008, 2012, dan. Dia telah diberikan Guldbollen (Golden Ball), sebagai Swedish Player of The Year, selama sepuluh kali, sembilan kali diantaranya dia raih secara berturut-turut dari tahun 2007 dan 2015.

Dengan gaya permainannya dan finishing akrobatik yang sering disandingkan dengan legenda Belanda Marco van Basten, Ibrahimovic dianggap sebagai salah satu striker terbaik dalam sebuah pertandingan dan merupakan salah satu pemain terbaik dari generasinya. Goal spektakuler yang dia cetak bersama timnas Swedia saat melawan Inggris mengantarkannya memenangkan FIFA Puskás Award 2013 untuk Goal of the Year. Di luar lapangan ia dikenal karena personanya dan komentar blak-blakan. Pada bulan Desember tahun 2013, The Guardian menempatkan Ibrahimovic sebagai terbaik ketiga pemain di dunia, di belakang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. pada bulan Desember 2014, surat kabar Swedia “Dagens Nyheter” menyebutnya sebagai atlet Swedia terbesar kedua sepanjang masa, setelah petenis Björn Borg.

Jurka Gravic, yang juga telah beremigrasi ke Swedia, di mana pasangan ini pertama kali bertemu. Ayahnya lahir di Bijeljina, Bosnia, dan ibunya lahir di desa Prkos dekat Škabrnja di Kroasia Zadar County. Setelah menerima sepasang sepatu bola dari ayahnya, Ibrahimovic mulai bermain bola pada usia enam tahun secara bergantian antara klub-klub junior lokal Malmö BI dan FBK Balkan. Ibrahimomic muda terlah menjadi pemain reguler untuk klub kota kelahirannya Malmö FF. Pada usia 15 tahun, Ibrahimovic hampir berhenti karir dari sepak bolanya, untuk bekerja di dermaga di Malmo, tetapi pelatihnya meyakinkannya untuk terus bermain. Idolanya adalah bintang Brasil .

Biography Perjalanan Zlatan Ibrahimovic


Ibrahimovic memiliki dua saudara kandung dan tiga saudara tiri. Berpasangan dengan Helena Seger, telah memberikannya dua orang anak, Maximilian (lahir 22 September 2006) dan Vincent (lahir 6 Maret 2008). Dia saat ini tinggal di Paris, meskipun ia masih memiliki rumah di Malmö sebagai tempat menghabiskan musim panasnya. Ibrahimovic dianugerahi sabuk hitam kehormatan di taekwondo, ia menghadiri kelas taekwondo di klub Malmö Taekwondo Enighet. Ibrahimovic menguasai lima bahasa yaitu Swedia, Bosnia, Inggris, Spanyol dan Italia. Pada Februari 2011 dalam sebuah wawancara dengan Eurosport, Ibrahimovic menyatakan bahwa petinju Muhammad Ali adalah salah satu panutannya, salah satu idolanya baik di dalam olahraga dan luar olahraga.

Nama Zlatan menjadi merek dagang Pada Mei 2003 di Swedia yang berarti bahwa ia menerima hak eksklusif untuk nama untuk produk tertentu, termasuk barang olahraga, pakaian, dan sepatu. Dia termasuk di dalam atlet yang dikontrak oleh Nike dan fitur dalam iklan televisi mereka di mana ia telah tampil bersama pemain lain di kandang Nike termasuk Cristiano Ronaldo, Neymar dan Wayne Rooney. Pada tanggal 17 Mei 2006, lagu berjudul "Who's da Man" yang di bawakan oleh Elias, dirilis untuk penghormatan kepada Ibrahimovic dinyanyikan dan dalam dialek Scanian dari Swedia. Lagu ini menjadi hits terbesar musim panas Swedia tahun 2006, berada di nomor satu dari the Sverigetopplistan single resmi selama 10 minggu berturut-turut.

Ibrahimovic memakai sepatu Nike Mercurial dan meletakkan nama-dan tanggal lahir dari anak anaknya di sisi luar sepatu botnya. Di Malmö dan tim nasional pada bulan September 2012, Ibrahimovic dihormati dengan tulisan namanya di " Walk of Fame of Sports " kota. Kantor Pos Swedia mengeluarkan rangkaian lima perangko yang menampilkan Ibrahimovic pada Maret 2014 . Fitur Ibrahimovic di seri video game FIFA, EA Sports, menempati urutan keempat nilai tertinggi pemain di FIFA 15.
Pada tanggal 11 Agustus 2014, (Biografi Zlatan Ibrahimovic) Ibrahimovic membiayai sebesar $51.000 untuk mengirim tim sepak bola nasional disabilitas Swedia ke Kejuaraan Sepak Bola Dunia INAS di Brasil. Setelah rekan tim Johan Elmander, Kim Kallstrom, Andreas Isaksson dan Pe   Nilsson menyumbangkan kaus bertanda tangan untuk dilelang. Pada 14 Februari 2015 dalam pertandingan liga melawan Caen, Ibrahimovic melepas kemejanya setelah mencetak gol untuk menunjukkan tato yang berisikan nama-nama dari 50 orang yang menderita kelaparan di seluruh dunia, dalam gerakan untuk meningkatkan kesadaran untuk kelaparan sesuai dengan PBB dalam Program Pangan dunia.

Pada 17 Februari 2016, Independent yang merupakan perusahaan produksi film Swedia Auto Images merilis film dokumenter olahraga “Becoming Zlatan” yang menampilkan masa - masa Ibrahimovic melalui tahun-tahun dengan Malmo FF dan AFC Ajax kemudian dengan Juventus F.C. pada tahun 2005. Film ini telah tampil di beberapa festival film termasuk THE INTERNATIONAL Festival Film Dokumenter Amsterdam, Helsinki Festival Film Dokumenter dan Film Festival Rouen Nordic.

Pada tanggal 1 Juli 2016, Ibrahimovic menandatangani kontrak dengan Manchester United sebagai bebas transfer, setelah sebelum nya banyak di hubungkan dengan AC Milan, dan beberapa klum MLS. Dia di kontrak untuk satu tahun, dengan opsi perperpanjangan ditahun berikutnya tergantung pada kinerja untuk klub. Dilaporkan Gajinya £ 200.000 per minggu. Ia di beri jersey nomor 9 menjelang musim 2016/2017 yang pasa musim lalu merupakan nomor punggung Anthony Martial. Sebelum Martial dan Ibrahimovic, Nomor Punggung 9 juga pernah di pakai oleh Dimitar Berbatov. Meskipun tidak setenar nomor punggung 7 yang pernah di pakai oleh pemain sekaliber George Best, Eric Cantona, David Beckham dan Cristiano Ronaldo, tetapi nomor punggu 9 juga menunjukkan peran yang akan dia ambil di kampanye Premier League mendatang semagai ujung tombak Manchester United.

Karir Muda

1987-1991 Malmö BI

1989 - 1995 Balkan

1995 - 1999 Malmö FF

Karir Senior

Tahun Tim Apps (Gls)

1999 - 2001 Malmö FF 40 (16)

2001 - 2004 Ajax 74 (35)

2004 - 2006 Juventus 69 (23)

2006 - 2009 Internazionale 88 (57)

2009 - 2010 Barcelona 29 (16)

2010 -  AC Milan (loan) (-)

Tim Nasional

2001 Sweden U21 7 (6)

200 - Sweden 60 (22)

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Sosok Juanda Si Poker Profesional Asal Medan

Perjalanan Keyrie Irving Pemain NBA